Maraknya
industri entertainment & musik ditanah air, menjadikan bisnis artist
management menjadi sesuatu yang fenomenal dan luar biasa besar tingkat
pertumbuhannya, dibuktikan dengan semakin maraknya industri entertainment &
musik yang membutuhkan jasa para pebisnis artist management.
Dan
untuk menjalankan bisnis ini dengan baik, tentu tidaklah mudah dikarenakan
banyak faktor pendukung yang harus diperhatikan bagi para pemula atau bahkan
bagi para manager artis yang telah menjalankan bisnisnya. Ada beberapa faktor
pendukung yang harus diperhatikan secara khusus.
Berikut
sebagian kecil tips buat loe2 untuk memulai atau menjadi artist management,
sama seperti pebisnis pada umumnya yaitu :
a. Konsep / Model bisnis.
b. Product.
c. Networking.
Ketiga tips diatas adalah merupakan hal-hal penting yang harus diperhatikan untuk mengawali / bahkan mempertahankan bisnis suatu bisnis.
a. Konsep / Model bisnis.
b. Product.
c. Networking.
Ketiga tips diatas adalah merupakan hal-hal penting yang harus diperhatikan untuk mengawali / bahkan mempertahankan bisnis suatu bisnis.
Dengan Konsep/
Model Bisnis yang
baik & benar para artis management akan lebih mudah mengatur keseluruhan
operasional & visi usahanya dikarenakan bisnis ini rentan dengan waktu. Salah
satunya ialah selalu mengikuti perkembangan industri entertainment & musik
[ secara khusus ] adalah mutlak bagi para artis management. Model bisnis dapat
dikonsep secara sederhana namun profesional dengan mengandalkan perform kit
marketing yang baik [ menimbulkan image management-nya].
Faktor
kedua adalah Product artisnya pun harus menunjang sehingga
dapat menunjang kapabilitas management. Faktor inilah sebenarnya yang juga
memiliki impact yang besar dalam perkembangan bisnis artis management. Sudah tentu
pastinya akan lebih baik ketika kita bisa mendapatkan artis / talent yang baik,
bagus & menjual. Nilai artis inilah yang bisa menjadi pedoman bagi para
artis management dimana harus jeli dalam menganalisa & mengukur artis
manakah yang dapat bertahan lama di industri ini dengan image yang baik
tentunya. Masa seorang talent / artis memiliki tingkat fluktuatif yang cukup
beresiko. Ada masanya ketika faktor luck yang bagus dari artis itu sendiri
dapat meledakkan omset atau ada masa surut ketika sang artis mulai tidak laku
lagi sehingga harus di re-package kembali. Adalah tugas seorang artis
management inilah untuk mepertahankan masa-masa baik produknya.
Faktor
Ketiga adalah Networking dimana sang artis management harus
mutlak memiliki network / jaringan yang luas agar dapat dengan mudah menjual
& mempromosikan produk artisnya secara umum. Untuk itulah sang artis
management juga harus memiliki fighting spirit yang tinggi untuk mengkonsep
produk artisnya agar laku dipasaran. Karena apapun productnya pasar / buyers
(penikmat musik) yang berkuasa.[managerartis]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar